Pages

Minggu, 20 November 2016

PROPOSAL BISNIS "CHICKEN CRISPY"

PROPOSAL BISNIS
TUGAS KEWIRAUSAHAAN
 “CHICKEN CRISPY”


Dosen :
Rooshwan Budhi Utomo, SE., MM

Dibuat Oleh :
       Devi Euphoria Frisky
22213255
4EB29

FAKULTAS EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas Rahmat serta   Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas Kewirausahaan yaitu membuat proposal bisnis yang berjudul “Chicken Crispy”. Proposal bisnis ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan penulis dalam bidang usaha ekonomi serta dapat menambah pengalaman bagaimana cara mengelola suatu usaha seperti dalam bidang usaha makanan “Chicken Crispy”.
Dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penulisan proposal bisnis ini. Penulis menyadari bahwa penulisan proposal bisnin ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis memerlukan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak guna penyempurnaan proposal bisnis ini. Penulis berharap semoga proposal bisnis ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang membacanya.
                                                           
                                                                                                Tangerang,  November 2016


   Penulis


BAB I
PENDAHULUAN


Nama Perusahaan        : CCpy  (Chicken Crispy) Food
Bidang Usaha             :  Produk Makanan
Jenis Produk                :  Chicken Crispy


       A.       IDENTIFIKASI PELUANG BISNIS
Dewasa ini, bisnis makanan menjadi salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satu makanan biasa yang sering kita temui adalah ayam dengan kandungan protein yang tinggi. Namun, masyarakat mulai jenuh dengan bentuk dan rasa ayam yang biasa-biasa saja, tidak adanya inovasi.
Untuk itu, diperlukan inovasi baru dalam mengolah ayam tersebut sehingga penyajian ayam tidak monoton. Penulis mencoba mengkreasikan ayam tersebut dengan mengolah ayam menjadi makanan ringan yang mempunyai rasa yang berbeda yaitu rasa pedas dan original yang mampu mengundang selera.

       B.    PENJELASAN PRODUK
Cara membuat chicken crispy yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:
      1.      Gulingkan ayam ke bahan lapisan yaitu 110 g tepung terigu, 20 g tepung sagu, 1 sdt kaldu bubuk, serta merica dan garam secukupnya.
      2.      Lalu ke bahan pencelup yaitu 1 butir putih telur, 125 ml air, gulingkan lagi ke bahan pelapis dan cubit-cubit agar lebih crispy.
      3.      Panaskan minyak dan goreng hingga kecokletan, tiriskan lalu sisihkan.
      4.      Taburi dengan cabai bubuk dan sedikit garam.

       C.    LATAR BELAKANG BISNIS
Pada zaman sekarang ini banyak jenis makanan dalam kemasan ataupun yang di sajikan secara langsung, akan tetapi kebanyakan masyarakat pasti memilih makanan dalam bentuk kemasan. Karena lebih praktis, di samping itu juga masyarakat cenderung lebih memilih makanan yang enak, renyah, gurih, bernutrisi dan tentunya murah dan menyehatkan. Ayam crispy sebagai salah satu makanan ringan yang disukai banyak orang merupakan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, penulis berinisiatif untuk melakukan inovasi pada ayam dengan membuat “CHICKEN CRISPY” yang mempunyai berbagai macam pilihan rasa tentunya antara lain: rasa pedas dan original.

      D.     VISI DAN MISI
              Visi
       Membuat produk makanan inovasi baru dan sehat.
              Misi
      Adapun tujuan membuat chicken crispy yaitu:
a.       Mendapatkan keuntungan dari produk ini.
b.      Membudayakan makanan sehat dan bergizi.
c.   Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai masyarakat kalangan ke bawah.


      E.     POTENSI BISNIS
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena makanan ini sangat dikenal dan harganya yang ekonomis serta dapat dinikmati oleh semua kalangan.



BAB  II
PEMBAHASAN

      A.    ANALISIS SWOT

1. Faktor Internal
1)  Strength (Kekuatan)
      a.       Keunggulan produk
Penulis menawarkan suatu produk makanan sehat dengan harga yang ekonomis dan rasa yang lezat.
      b.      Kreativitas
Penulis menawarkan kreativitas baru dalam mengolah ayam dengan mengabungkan berbagai rasa yang menarik.
      c.       Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan chicken crispy ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau.
2)  Weakness (Kelemahan)
      a.       Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
      b.      Produk mudah di tiru
Produk dengan bahan-bahan yang mudah ditemui mudah selaki untuk ditirukan.

2. Faktor Eksternal
1)  Opportunities (Peluang)
      a.       Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari berbagai macam variasi ayam, karena ayam merupakan makanan yang mudah diolah. Dengan adanya chicken crispy ini akan menambah variasi ayam dan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada umumnya.
      b.      Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan penulis lakukan cukup mudah. Penulis akan memasarkannya dilingkungan kampus dan tempat tinggal.
2)   Threats (Ancaman)
      a.       Keacuhan konsumen
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bias terjadi adalah keacuhan konsumen.
Terkadang masyarakat kurang tertarik terhadap makanan yang di buat dari bahan sederhana seperti ayam dan gaya konsumsi masyarakat saat ini di kuasai oleh makanan-makanan dari bahan-bahan import.


     B.     PERENCANAAN BISNIS

     1.      Sasaran dan Target Pasar
Sasaran penulis adalah seluruh masyarakat dari umur 5 tahun – 40 tahun dan dari kalangan menengah ke bawah. Untuk itu penulis memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di kampus dan lingkungan tempat tinggal, karena penulis menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok.

     2.      Pembiayaan
        
Biaya Tetap (Fixed cost)
Nama Barang
Jumlah Barang
 Harga Satuan
Jumlah Harga
Kompor gas
1 buah
Rp 100.000
Rp 100.000
Tabung gas
1 buah
Rp 150.000
Rp 150.000
Plastik
1 ons
Rp   20.000
Rp   20.000
Total


Rp 170.000
  
  Biaya Variabel (Variable cost)
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga
Ayam
1 ekor
Rp 30.000
Minyak
1 liter
Rp 13.500
Garam
1 bungkus
Rp   2.000
Tepung sagu
1 bungkus
Rp   9.000
Tepung terigu
1 bungkus
Rp   8.000
Kaldu bubuk
1 bungkus
Rp   3.500
Merica
2 bungkus
Rp   2.000
Telur
½ kg   
Rp 10.000
Bumbu rasa
2 bungkus
Rp 15.000
Total

Rp 93.000

   Biaya Total
Biaya total = Variable cost + Fixed cost
                   = Rp 93.000 + Rp 170.000
                   = Rp 263.000

         Biaya dan Harga Per Unit
     Biaya tetap yang dibutuhkan Rp 170.000 : 5 kali = Rp 34.000
     Total biaya produksi yang dikeluarkan per produksi = Rp 34.000 + Rp 93.000 = Rp 127.000

     Biaya per unit adalah Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang dihasilkan per bulan Rp 127.000 : 30 bungkus = Rp 4.300
     Harga jual per buah Rp 5.000

          Modal awal
      Modal awal     = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk 1 kali produksi
                              = Rp 170.000 + Rp 93.000
                              = Rp 263.000

          Analisis Titik Impas (BEP)
      BEP     = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : produksi
                  = Rp 127.000 : 30 bungkus
                  = Rp 4.300
      Harga jual per bungkus Rp 5.000
BEP Produksi             = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Harga per unit
                        = Rp 127.000 : 5.000
                        = Rp 26 bungkus
Jadi, untuk mencapai titik impas maka 1 bungkus chicken crispy yang terjual adalah 26 bungkus dengan harga per bungkus adalah Rp 5.000.

    Analisis Keuntungan
Pendapatan : Chicken Crispy yang terjual x harga jual = 30 x Rp 5.000
                                                                                        = Rp 150.000
Total biaya produksi dalam 1 kali produksi = Rp 127.000

Keuntungan = Pendapatan - Total biaya produksi
                     = Rp 150.000 – Rp 127.000
                     = Rp 23.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 30 bungkus chicken crispy dengan harga Rp 5.000 per bungkus dalam 1 kali produksi adalah Rp 23.000.

    Pengembalian Modal
Total biaya produksi : Laba usaha = Rp 263.000 : Rp 23.000
                                                       = Rp 11 kali produksi
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 11 kali produksi.


      C.    STUDI KELAYAKAN

      1.         Lokasi
Pembuatan chicken crispy ini dilakukan dirumah sendiri di Jalan Bahagia, Cipondoh, Tangerang.
      2.         Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal, sumber daya manusia yang tersedia terdiri dari dua orang yang bertanggung jawab. Diharapkan dapat menjaga kualitas produk, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

      D.    REAL BUSINESS PLAN

1.      Strategi pemasaran
Penulis telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
a.       Pengembangan produk
Ayam memang telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun penulis memberikan rasa yang berbeda dan tampak lebih menarik serta lebih unik dengan bahan-bahan yang baru. Chicken crispy ini akan menambah cita rasa baru, renyah dan gurih.
b.      Pengembangan wilayah pemasaran
Area pemasaran utama adalah di sekitar daerah tempat tinggal penulis dan di lingkungan kampus.
c.       Kegiatan promosi
Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Penulis melakukan promosi pada tahap awal melalui mulut ke mulut. 

2.      Strategi Produksi
Penulis berusaha menciptakan suatu pembaharuan di dunia makanan khususnya ayam. Proses produksi ini tidak dilakukan sewaktu-waktu saja. Namun berjalan terus menerus selama ada waktu luang.

3.      Strategi Penetapan Harga
Harga merupakan suatu variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga yang penulis tawarkan di sini, penulis sesuaikan dengan sasaran penulis yaitu para masyarkat ke semua kalangan. Harga sesuaikan dengan bahan dan berbagai variable lain serta akan mengutamakan kualitas makanan, dan tidak hanya berfokus mengambil keuntungan semata.

4.      Rencana Pengembangan Produksi
Rencana-rencana pengembangan produksi ini antara lain:
      a.       Memperluas wawasan dibidang makanan khususnya ayam
      b.      Menemukan dan menciptakan cara terbaru dalam membuat ayam
      c.       Memperluas berbagai cita rasa ayam
      d.      Meningkatkan produksi

BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Chicken crispy merupakan suatu jenis makanan ringan yang penulis buat dengan memberikan variasi rasa dan bentuk yang unik serta baru. Produk ini bertujuan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut di lingkungan kampus serta tempat tinggal. Harga yang di tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Penulis juga menyediakan pelayanan pemesanan chicken crispy.

B.     SARAN
Produk penulis menyarankan untuk mengutamakan kepada unsur kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dan juga produk makanan ringan chicken crispy yang berbeda dengan variasi baru dan cita rasa baru, unik, dan gurih dan berbeda yang sudah ada dipasaran. Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting.



31 komentar:

Unknown mengatakan...

mbak izin copas ya makasih hehe

effendi mengatakan...

ijin copas ...

Vee mengatakan...

kak , aku izin copy ya :)

Unknown mengatakan...

Izin copas kak 🙏

Unknown mengatakan...

Ijin copas kak makasih

Unknown mengatakan...

izin copas ya kak :) makasih

Unknown mengatakan...

Izin copas ya kak, terimakasih:)

qikan mengatakan...

izin copas ya kak,terima kasih banyak

awdawd mengatakan...


agen sabung ayam online terbaik 2019

http://agensabungayam.logdown.com/post/7836673-cara-sembuhkan-ayam-bangkok-aduan-setelah-terluka

Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita

Unknown mengatakan...

Izin copas ya kak
Terima kasih

anonymous mengatakan...

izin copas ya, makasih. blognya sangat membantu :)

Unknown mengatakan...

ijin copas yaa, makasihh...

Unknown mengatakan...

Ijin cops kak

susuultra019 mengatakan...

Jadwal 06 juni Sabung S128

ARVIN KUSTIANTO mengatakan...

paraaahh pada copas smua...

Aswan Blogger mengatakan...

Terima kasih atas informasi yang diberikan.
Izin kami beri informasi seputar mesin usaha untuk jualan bensin eceran.
Mesin pom mini digital.
Pengiriman ke seluruh Indonesia.
Info : 082311159791
Harga Pom Mini

belajarcepat mengatakan...

Izin copas ka makasiih sangat membantu :)

Unknown mengatakan...

Izin copas kak

Azza Zauziyah Sabilah mengatakan...

Izin copas kak makasih sangat membantu

Al Anfi mengatakan...

maaf sebelumnya izin copas ya kk, terimakasih kk:))

zzzzz mengatakan...

izin copas ya kak

Unknown mengatakan...

Izin copas kak, makasi

day mengatakan...

izin copas kak. terima kasih

arborat166@gmail.com mengatakan...

izin copas kak

Unknown mengatakan...

izin nyolong kak

sabinemacario mengatakan...

Casino City, NV - Mapyro
› mapyro › city › casino-city-nv 광양 출장안마 › mapyro › city › casino-city-nv The following 대전광역 출장안마 casino facilities have been added to the casino floor. Hotel Lobby Lobby, Lobby Lobby, Lobby, 제주도 출장샵 Lobby Lobby 양주 출장샵 Lobby, Lobby Lobby, Lobby, Lobby, 김천 출장샵 Lobby,

INFO WAHYU mengatakan...

Izin copas kak, thank you

Anis mengatakan...

izin copas kak , terimakasih

About human mengatakan...

izin copas ya kak, terima kasih

Anya Bennett. mengatakan...

Saya ingin tahu apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan finansial Anda? Saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi Tn. Pedro Jerome (pedroloanss@gmail.com Whatsapp +393510140339) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk mendapatkan bantuan keuangan, jadi saya sangat yakin bahwa Tn. Pedro dapat membantu dengan layanan pinjaman suku bunga 2% kepada siapa pun di sini yang mencari pinjaman.
Terima kasih sekali lagi karena telah mengizinkan saya menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberi Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi para pembaca Anda.
Jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat meminta maaf sebelumnya.

Salam Hormat Saya,
Anya Bennett.

LIFE EXCELLENCE mengatakan...

izin ambil materi ini buat referensi..

Posting Komentar