PROPOSAL
BISNIS
TUGAS
KEWIRAUSAHAAN
“CHICKEN CRISPY”
Dosen
:
Rooshwan
Budhi Utomo, SE., MM
Dibuat
Oleh :
Devi Euphoria Frisky
22213255
4EB29
FAKULTAS
EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
KATA
PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas Rahmat serta Karunia-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan tugas Kewirausahaan yaitu membuat proposal bisnis yang berjudul “Chicken
Crispy”. Proposal bisnis ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan penulis
dalam bidang usaha ekonomi serta dapat menambah pengalaman bagaimana cara
mengelola suatu usaha seperti dalam bidang usaha makanan “Chicken Crispy”.
Dengan
segala kerendahan hati, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang
telah membantu dan mendukung dalam penulisan proposal bisnis ini. Penulis
menyadari bahwa penulisan proposal bisnin ini masih jauh dari sempurna, oleh
karena itu penulis memerlukan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak
guna penyempurnaan proposal bisnis ini. Penulis berharap semoga proposal bisnis
ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang membacanya.
Tangerang, November 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
Nama Perusahaan : CCpy (Chicken
Crispy) Food
Bidang Usaha : Produk Makanan
Jenis Produk : Chicken
Crispy
A. IDENTIFIKASI
PELUANG BISNIS
Dewasa ini, bisnis
makanan menjadi salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis
makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik. Makanan biasa
dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi.
Salah satu makanan biasa yang sering kita temui adalah ayam dengan kandungan
protein yang tinggi. Namun, masyarakat mulai jenuh dengan bentuk dan rasa ayam yang
biasa-biasa saja, tidak adanya inovasi.
Untuk itu, diperlukan inovasi baru dalam mengolah ayam tersebut sehingga
penyajian ayam tidak monoton. Penulis mencoba mengkreasikan ayam tersebut
dengan mengolah ayam menjadi makanan ringan yang mempunyai rasa yang berbeda
yaitu rasa pedas dan original yang mampu mengundang
selera.
B. PENJELASAN PRODUK
Cara membuat chicken crispy yaitu dengan
langkah-langkah berikut ini:
1.
Gulingkan ayam ke bahan lapisan yaitu 110 g tepung terigu, 20 g tepung
sagu, 1 sdt kaldu bubuk, serta merica dan garam secukupnya.
2. Lalu ke bahan pencelup
yaitu 1 butir putih telur, 125 ml air, gulingkan lagi ke bahan pelapis dan
cubit-cubit agar lebih crispy.
3. Panaskan minyak dan
goreng hingga kecokletan, tiriskan lalu sisihkan.
4.
Taburi dengan cabai bubuk dan sedikit garam.
C. LATAR
BELAKANG BISNIS
Pada
zaman sekarang ini banyak jenis makanan dalam kemasan ataupun yang di sajikan
secara langsung, akan tetapi kebanyakan masyarakat pasti memilih makanan dalam
bentuk kemasan. Karena lebih praktis, di samping itu juga masyarakat cenderung
lebih memilih makanan yang enak, renyah, gurih, bernutrisi dan tentunya murah
dan menyehatkan. Ayam crispy sebagai salah satu makanan ringan yang disukai
banyak orang merupakan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.
Oleh karena itu, penulis berinisiatif untuk melakukan inovasi pada ayam dengan
membuat “CHICKEN CRISPY” yang mempunyai berbagai macam pilihan rasa tentunya
antara lain: rasa pedas dan original.
D. VISI DAN MISI
Visi
Membuat produk makanan inovasi baru dan sehat.
Misi
Visi
Membuat produk makanan inovasi baru dan sehat.
Misi
Adapun tujuan membuat chicken
crispy yaitu:
a. Mendapatkan keuntungan
dari produk ini.
b. Membudayakan makanan
sehat dan bergizi.
c. Membuat produk makanan
yang mempunyai inovasi baru dan disukai masyarakat kalangan ke bawah.
E. POTENSI
BISNIS
Produk ini memiliki
peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena makanan ini sangat dikenal dan
harganya yang ekonomis serta dapat dinikmati oleh semua kalangan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. ANALISIS SWOT
1. Faktor Internal
1) Strength (Kekuatan)
a.
Keunggulan produk
Penulis menawarkan suatu produk makanan sehat dengan harga yang ekonomis
dan rasa yang lezat.
b.
Kreativitas
Penulis menawarkan kreativitas baru dalam mengolah ayam dengan mengabungkan
berbagai rasa yang menarik.
c.
Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan
chicken crispy ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya
terjangkau.
2) Weakness (Kelemahan)
a.
Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu
kelemahan yang harus diatasi.
b.
Produk
mudah di tiru
Produk dengan
bahan-bahan yang mudah ditemui mudah selaki untuk ditirukan.
2. Faktor Eksternal
1) Opportunities (Peluang)
a.
Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari berbagai macam variasi ayam, karena
ayam merupakan makanan yang mudah diolah. Dengan adanya chicken crispy ini akan
menambah variasi ayam dan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada
umumnya.
b.
Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan
penulis lakukan cukup mudah. Penulis akan memasarkannya dilingkungan kampus dan
tempat tinggal.
2) Threats (Ancaman)
a.
Keacuhan konsumen
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bias terjadi adalah keacuhan
konsumen.
Terkadang masyarakat
kurang tertarik terhadap makanan yang di buat dari bahan sederhana seperti ayam
dan gaya konsumsi masyarakat saat ini di kuasai oleh makanan-makanan dari
bahan-bahan import.
B. PERENCANAAN BISNIS
1. Sasaran
dan Target Pasar
Sasaran penulis adalah
seluruh masyarakat dari umur 5 tahun – 40 tahun dan dari kalangan menengah ke
bawah. Untuk itu penulis memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal
kami serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di kampus dan lingkungan
tempat tinggal, karena penulis menganggap promosi akan lebih efektif jika
terjadi dalam suatu kelompok.
2. Pembiayaan
Biaya Tetap (Fixed cost)
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga
Satuan
|
Jumlah Harga
|
Kompor gas
|
1 buah
|
Rp 100.000
|
Rp 100.000
|
Tabung gas
|
1 buah
|
Rp 150.000
|
Rp 150.000
|
Plastik
|
1 ons
|
Rp 20.000
|
Rp
20.000
|
Total
|
Rp 170.000
|
Biaya Variabel (Variable cost)
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga
|
Ayam
|
1 ekor
|
Rp 30.000
|
Minyak
|
1 liter
|
Rp 13.500
|
Garam
|
1 bungkus
|
Rp 2.000
|
Tepung sagu
|
1 bungkus
|
Rp 9.000
|
Tepung terigu
|
1 bungkus
|
Rp 8.000
|
Kaldu bubuk
|
1 bungkus
|
Rp 3.500
|
Merica
|
2 bungkus
|
Rp 2.000
|
Telur
|
½ kg
|
Rp 10.000
|
Bumbu rasa
|
2 bungkus
|
Rp 15.000
|
Total
|
Rp 93.000
|
Biaya Total
Biaya total = Variable cost + Fixed cost
= Rp 93.000 + Rp 170.000
= Rp 263.000
Biaya dan Harga Per Unit
Biaya
tetap yang dibutuhkan Rp 170.000 : 5 kali = Rp 34.000
Total biaya produksi yang dikeluarkan per
produksi = Rp 34.000 + Rp 93.000 = Rp 127.000
Biaya per unit adalah Total biaya produksi
dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang dihasilkan per bulan Rp 127.000 : 30
bungkus = Rp 4.300
Harga jual per buah Rp 5.000
Modal awal
Modal awal = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk 1 kali produksi
=
Rp 170.000 + Rp 93.000
= Rp 263.000
Analisis Titik Impas (BEP)
BEP =
Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : produksi
= Rp 127.000 : 30 bungkus
= Rp 4.300
Harga jual per bungkus Rp 5.000
BEP Produksi = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Harga per
unit
=
Rp 127.000 : 5.000
=
Rp 26 bungkus
Jadi, untuk mencapai titik impas maka 1
bungkus chicken crispy yang terjual adalah 26 bungkus dengan harga per bungkus
adalah Rp 5.000.
Analisis Keuntungan
Pendapatan : Chicken Crispy yang terjual
x harga jual = 30 x Rp 5.000
= Rp 150.000
Total biaya produksi dalam 1 kali
produksi = Rp 127.000
Keuntungan = Pendapatan - Total biaya
produksi
= Rp 150.000 – Rp 127.000
= Rp 23.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan
menjual 30 bungkus chicken crispy dengan harga Rp 5.000 per bungkus dalam 1
kali produksi adalah Rp 23.000.
Pengembalian Modal
Total biaya produksi : Laba usaha = Rp
263.000 : Rp 23.000
= Rp 11 kali produksi
Jadi modal akan kembali dalam jangka
waktu 11 kali produksi.
C.
STUDI KELAYAKAN
1.
Lokasi
Pembuatan chicken crispy ini dilakukan
dirumah sendiri di Jalan Bahagia, Cipondoh, Tangerang.
2. Sumber
Daya Manusia
Untuk usaha awal, sumber daya manusia
yang tersedia terdiri dari dua orang yang bertanggung jawab. Diharapkan dapat
menjaga kualitas produk, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.
D.
REAL BUSINESS PLAN
1. Strategi pemasaran
Penulis telah menyusun strategi pemasaran.
Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
a. Pengembangan produk
Ayam memang telah
banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun penulis memberikan rasa
yang berbeda dan tampak lebih menarik serta lebih unik dengan bahan-bahan yang
baru. Chicken crispy ini akan menambah cita rasa baru, renyah dan gurih.
b. Pengembangan wilayah pemasaran
Area pemasaran utama
adalah di sekitar daerah tempat tinggal penulis dan di lingkungan kampus.
c. Kegiatan promosi
Promosi merupakan
bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan
keberhasilan suatu usaha. Penulis melakukan promosi pada tahap awal melalui
mulut ke mulut.
2. Strategi Produksi
Penulis berusaha
menciptakan suatu pembaharuan di dunia makanan khususnya ayam. Proses produksi
ini tidak dilakukan sewaktu-waktu saja. Namun berjalan terus menerus selama ada
waktu luang.
3. Strategi Penetapan Harga
Harga merupakan suatu
variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan
level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu
seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga yang penulis tawarkan di sini, penulis
sesuaikan dengan sasaran penulis yaitu para masyarkat ke semua kalangan. Harga
sesuaikan dengan bahan dan berbagai variable lain serta akan mengutamakan
kualitas makanan, dan tidak hanya berfokus mengambil keuntungan semata.
4. Rencana Pengembangan Produksi
Rencana-rencana
pengembangan produksi ini antara lain:
a.
Memperluas wawasan dibidang makanan
khususnya ayam
b.
Menemukan dan menciptakan cara terbaru
dalam membuat ayam
c.
Memperluas berbagai cita rasa ayam
d.
Meningkatkan produksi
BAB
III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Chicken crispy merupakan
suatu jenis makanan ringan yang penulis buat dengan memberikan variasi rasa dan
bentuk yang unik serta baru. Produk ini bertujuan untuk mengkonsumsi makanan
sehat dan bergizi. Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut
ke mulut di lingkungan kampus serta tempat tinggal. Harga yang di tetapkan cukup
terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Penulis juga menyediakan
pelayanan pemesanan chicken crispy.
B. SARAN
Produk penulis menyarankan untuk
mengutamakan kepada unsur kesehatan yang terkandung di dalamnya.
Dan juga produk makanan ringan chicken crispy yang berbeda dengan variasi baru
dan cita rasa baru, unik, dan gurih dan berbeda yang sudah ada dipasaran. Oleh
karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting.
31 komentar:
mbak izin copas ya makasih hehe
ijin copas ...
kak , aku izin copy ya :)
Izin copas kak 🙏
Ijin copas kak makasih
izin copas ya kak :) makasih
Izin copas ya kak, terimakasih:)
izin copas ya kak,terima kasih banyak
agen sabung ayam online terbaik 2019
http://agensabungayam.logdown.com/post/7836673-cara-sembuhkan-ayam-bangkok-aduan-setelah-terluka
Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita
Izin copas ya kak
Terima kasih
izin copas ya, makasih. blognya sangat membantu :)
ijin copas yaa, makasihh...
Ijin cops kak
Jadwal 06 juni Sabung S128
paraaahh pada copas smua...
Terima kasih atas informasi yang diberikan.
Izin kami beri informasi seputar mesin usaha untuk jualan bensin eceran.
Mesin pom mini digital.
Pengiriman ke seluruh Indonesia.
Info : 082311159791
Harga Pom Mini
Izin copas ka makasiih sangat membantu :)
Izin copas kak
Izin copas kak makasih sangat membantu
maaf sebelumnya izin copas ya kk, terimakasih kk:))
izin copas ya kak
Izin copas kak, makasi
izin copas kak. terima kasih
izin copas kak
izin nyolong kak
Casino City, NV - Mapyro
› mapyro › city › casino-city-nv 광양 출장안마 › mapyro › city › casino-city-nv The following 대전광역 출장안마 casino facilities have been added to the casino floor. Hotel Lobby Lobby, Lobby Lobby, Lobby, 제주도 출장샵 Lobby Lobby 양주 출장샵 Lobby, Lobby Lobby, Lobby, Lobby, 김천 출장샵 Lobby,
Izin copas kak, thank you
izin copas kak , terimakasih
izin copas ya kak, terima kasih
Saya ingin tahu apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan finansial Anda? Saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi Tn. Pedro Jerome (pedroloanss@gmail.com Whatsapp +393510140339) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk mendapatkan bantuan keuangan, jadi saya sangat yakin bahwa Tn. Pedro dapat membantu dengan layanan pinjaman suku bunga 2% kepada siapa pun di sini yang mencari pinjaman.
Terima kasih sekali lagi karena telah mengizinkan saya menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberi Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi para pembaca Anda.
Jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat meminta maaf sebelumnya.
Salam Hormat Saya,
Anya Bennett.
izin ambil materi ini buat referensi..
Posting Komentar